MDS-Note's blog yang menyediakan Info Terbaru dan Terheboh tanpa Bayar dan yang Penting Ikhlas.

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Laporan Menginstal Windows XP

Author Dicki Setyawan - -
Home » , » Laporan Menginstal Windows XP



Langkah Langkah Menginstal WINDOWS XP

1)      Gak usah di utak-atik Biosnya. Biar aja Bios diload masukin CD WINDOWS XP nya, lalu Restart komputer, terus tekan-tekan F8 atau F10 atau F11 (boleh dicoba satu-satu) nanti bakal muncul Opsi Boot Selection. pilih saja yang ada ' Tulisan ' CD-nya. Terus Enter. Selesai. 
2)      Lalu saya tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "Press any key to boot from CD" seperti tampilan gambar di bawah ini.

Gambar 1 Awal Untuk Menginstal

3)      Tekan Enter atau sembarang tombol, lalu proses instalasi saya akan mengecek Hardware komputer saya, kemudian akan muncul tulisan "Windows Setup" seperti gambar dibawah ini.

Gambar 2 Tampilan Awal Windows Setup
4)      Lalu file-file di dalam CD akan diload ke dalam komputer saya, kemudian akan muncul tampilan "Welcome to Setup" seperti gambar dibawah ini.

Gambar 3 Tampilan Awal Masuk Setup

5)      Tekan "Enter" untuk menginstal Windows XP, "R" untuk Repair System Windows yang sebelumnya pernah terinstal, "F3" untuk keluar dari proses instalasi, lalu akan muncul (End User Licese Aggrement) seperti gambar di bawah ini.

Gambar 4 License Log Agreement

6)      Lalu saya tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi harddisk saya, kemudian akan muncul semua partisi harddisk anda, seperti gambar di bawah ini.

Gambar 5 Partisi Harddisk
7)      Lalu saya tekan "Enter" untuk langsung menginstal Windows, "C" untuk membuat partisi Harddisk saya, kapasitas partisi sesuai dengan Harddisk saya, dalam satuan MB, selanjutnya jika saya membuat partisi dengan menekan tombol "C", maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.
Gambar 6 Tampilan Untuk Membuat Partisi Harddisk
8)      Kemudian saya tuliskan kapasitas partisi yang ingin saya buat, seperti terlihat pada gambar dinomor 7, sebagai contoh, karena kapasitas Harddisk saya 40 GB ( tepatnya 38154 MB ), lalu saya ingin membagi dua ( 70% dan 30% ), maka tuliskan 26710,dan 11445, karna partisi satuannya MB, 1GB = 1000 MB. Kemudian tekan "Enter" maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
                
Gambar 7 Langkah Untuk Memformat
9)  Kemudian pilih "format the partition using the NTFS file system (Quick)" atau "format the partition using the NTFS file system (Quick)" lalu tekan "Enter" maka akan muncul layar sepert gambar di bawah ini.

Gambar 8 Partisi Yang Akan Diformat
10)  Kemudian saya arahkan Pointer pada posisi "Unpartitioned Space", lalu tekan "C" maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah anda bagi, jika anda cuma membagi 2 partisi saja maka langsung tekan "Enter" tapi jika anda ingin mempartisi lagi sisa Hardisknya maka tinggal di bagi lagi saja, seperti langkah-langkah sebelumnya, setelah selesai mempartisi ketika saya menekan "Enter" seperti yang di jelaskan di atas, maka akan muncul gambar sperti gambar diatas, setelah itu arahkan Pointer di posisi C: Partition1 [New Raw], tapi biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka saya tinggal menekan "Enter" saja untuk proses instalasi Windows, kemudian akan muncul proses Format seperti gambar di bawah ini. 
         
Gambar 9 Proses Memformat
11)  Setelah selesai format, kemudian Windows akan ,menyalin file untuk proses instalasi saya, seperti gambar di bawah ini.

Gambar 10 Proses Mencopy Files

12)  Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer saya akan melakukan restart seperti gambar di bawah ini, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, saya bisa langsung menekan "Enter".

Gambar 11 Tampilan Komputer Akan Merestart
13)  Setelah itu akan muncul Loading Windows seperti gambar di bawah   ini.

Gambar 12 Loading Windows
14)  Selanjutnya proses instalasi Windows di mulai.

Gambar 13 Installing Windows XP
15)  Selanjutnya saya tinggal menunggu, selanjutnya akan muncul layar seperti gambar di bawah ini.
 
Gambar 14 Tampilan Untuk Mengisi Nama dan Organisasi
                           
16)  Langsung klik "Next", lalu saya isi nama dan organisasinya, terserah, lalu tekan "Next" kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini.

Gambar 15 Tampilan Untuk Memasukan Serial Number

17)  Saya masukan Serial Numbernya, kemudian tekan "Next" selanjutnya akan muncul layar Administrator, lalu saya isi sesuai keinginan, lalu tekan "Next" maka muncul layar Date and Time Setting seperti gambar di bawah ini.

Gambar 16 Pengaturan Tanggal dan Waktu
18)  Saya masukan Settingan jam dan tanggal,dan menentukan juga Time Zone, untuk Jakarta: pilih GMT+7 Klik "Next" lagi.

19)  Saya Menunggu lumayan lama, sampai muncul layar seperti gambar di bawah ini.

Gambar 17 Tampilan Home Edition Setup
20)  Selanjutnya akan muncul layar Work Group or Computer Domain, seperti gambar di bawah ini.

Gambar 18 Tampilan Work Group or Computer Domain
21)  Jika komputer saya terhubung dengan sebuah Domain, maka saya isikan nama Domainnya, tapi jika komputer saya Stand Alone, maka saya pilih Radio Button yang paling atas, lalu tekan "Next". 
22)      Selanjutnya akan muncul Display Setting, lalu saya klik "Ok" aja.
23)   Kemudian Windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC saya, lalu saya         Klik "Ok" saja. 
24)  Proses instalasi saya hampir selesai, selanjutnya akan muncul Loading jendela Windows seperti gambar di bawah ini.

Gambar 19 Tampilan Akan Masuk Windows XP
25)  Selanjutnya saya akan dibawa masuk ke dalam Windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini,lalu saya tekan "Next" aja.

Gambar 20 Welcome to Microsoft Windows
26)      Selanjutnya akan muncul layar "Help Protect Your PC", seperti gambar di bawah ini, kemudian saya pilih "Not Right Now" lalu tekan "Next".

Gambar 21 Help Protect Your PC
27)  Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, pilih "Yes" lalu tekan "Next".
28)  Kemudian akan muncul pilihan aktivasi Windows, lalu tekan "Next". 
29)  Proses instalasi Windows saya selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik "Finish", maka proses instalasi selesai.

Gambar 22 Tampilan Saat Selesai Menginstal Windows XP
30)  Kemudian tinggal menginstal CD Driver Motherboad, dan Software – Software yang lainnya.


Gambar 23 Tampilan Dekstop Pada Windows XP




Cara menginstal Realtek AC’97
1)      Download Driver Realtek AC’97.
2)      Lalu klik kanan pada My Computer, terus pilih Properties.
3)      Klik Hardware, lalu cari Device Manager.
4)      Cari Sound, Video, and Game Controller.
5)      Lalu klik kanan pada nama yang ada tanda Tanya ( ? ), lalu pilih Update Driver
6)  Lalu klik Next terus sampai ada pilihan Instal from a list or specific location (Advanced).
7)      Lalu cari tempat di mana kamu menaruh data Realtek AC’97, lalu Ok.