MDS-Note's blog yang menyediakan Info Terbaru dan Terheboh tanpa Bayar dan yang Penting Ikhlas.

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Sekilas Tentang Linux

Author Dicki Setyawan - -
Home » » Sekilas Tentang Linux

Linux adalah sistem operasi seperti Windows. Sama juga dengan windows yang mempunyai banyak versi ada windows 98, XP, Vista, Windows 7, dll. Pada system operasi Linux kita juga mengenal banyak sekali distribusi Linux ada Redhat, Fedora, Mandrive, Backtrack, Blankon, Ubuntu, dll. Memang berbeda dengan windows hanya dibuat dan dikembangkan oleh pihak microsoft, berbagai distro Linux ini dikembangkan oleh banyak kelompok orang, komunitas atas perusahaan. Perbedaan yang paling mendasar antara Windows dan Linux adalah mengenai Hak Cipta-nya.

Windows adalah ilegal/melanggar hukum jika kita mengcopy/membajak CD-nya untuk diedarkan dan diperdagangkan. Pada Linux perangkat lunaknya bebas/gratis bisa diperoleh di internet, dapat digandakan, diedarkan dengan bebas, semua tanpa ada konsekuensi pelanggaran terhadap hukum. Karena Linux memang menggunakan hak cipta publik yang dikenal sebagai GNU Public License (GPL). GPL pada dasarnya berusaha memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi si pencipta perangkat lunak untuk mengembangkan kreasi dan menyebarkannya secara bebas di publik. Tentunya dalam penggunaan GPL ini kita masih diikat dengan norma, nilai dan etika.

Karena Linux menggunakan lisensi GPL, maka Linux dapat digunakan dengan bebas, bahkan source codenya pun tersedia. Distro linux dapat diperoleh dengan cara download langsung ke situs pengembangnya atau ke mirror-mirror local yang menyediakan akses download iso linux. Pada perkembangan selanjutnya, Linux juga dipaketkan dengan piranti lunak lain untuk keperluan tertentu seperti server, desktop, perkantoran, internet, multimedia, dan lain-lain sehingga menjadikannya apa yang disebut dengan distribusi Linux atau yang sering dikenal dengan istilah distro Linux. Karena sifat Linux yang terbuka, siapapun bisa memaketkan Linux dengan piranti lunak pilihannya dengan cara pemaketan masing-masing untuk membuat distribusi Linux. Saat ini banyak sekali terdapat distro-distro Linux yang memiliki segmen pasar, fitur, kelengkapan dan cita rasa yang berbeda. Distro Linux juga bisa disebut sebagai sistem operasi atau operating system (OS) karena sudah memiliki piranti lunak untuk melakukan operasi pada komputer.

Lebih jelasnya DownloaDi sini !!