MDS-Note's blog yang menyediakan Info Terbaru dan Terheboh tanpa Bayar dan yang Penting Ikhlas.

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Cara Menggunakan Perintah chmod, chown, chgrp, chattr

Author Dicki Setyawan - -
Home » » Cara Menggunakan Perintah chmod, chown, chgrp, chattr

1. Menggunakan Perintah chmod

Untuk menggunakan chmod, perintahnya adalah:

# chmod hakakses namafile

misalnya:

# chmod 644 coba.txt

perintah tersebut akan mengubah hak akses file coba.txt menjadi seperti berikut:

-rw-r–r– 1 postgres postgres 41527 Jul 12 2001 coba.txt


Untuk mengganti hak akses sebuah direktori beserta dengan isinya, gunakan parameter R, dengan parameter tersebut, chmod akan dijalankan secara rekursif, misalnya seluruh file yang ada pada direktori /home/user/public_html akan dirubah hak aksesnya menjadi 755, maka perintahnya adalah sebagai berikut:

# chmod R 755 /home/user/public_html 

Perintah chmod dapat digunakan untuk menambah, menghapus, atau melakukan modifikasi permission terhadap file atau directoty. Gunakan tanda + untuk menambah suatu permission, atau tanda – untuk menghilangkan suatu permission. Berikut ini beberapa options yang dapat digunakan dengan perintah chmod.

u Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari user
g Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari group
o Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari others
a Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari semua user
r Menghilangkan atau menambah read permission
w Menghilangkan atau menambah write permission
x Menghilangkan atau menambah execute permission

Misalkan kamu ingin menghilangkan hak read untuk others, maka kamu dapat mengetikkan perintah berikut ini diterminal chmod o-r coba.txt. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini

contoh penggunaan chmod1 300x54 Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Apabila kamu ingin menambahkan hak execute untuk owner maka kamu dapat mengetikkan perintah chmod u+x pada terminal. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut ini.

contoh penggunaan chmod2 300x54 Mengubah permission, owner, dan group di Linux


2. Menggunakan Perintah chown
Perintah chown digunakan untuk mengganti pemilik sebuah file, perintah ini hanya dapat digunakan oleh user root. Perintah ini hanya dapat digunakan oleh user root. Perintahnya adalah sebagai berikut:

# chown namauser.namagrup namafile

misalnya:

# chown user.user coba.txt

perintah chown juga dapat digunakan dengan menggunakan parameter R, contohnya adalah sebagai berikut:

# chown R apache.apache /var/www/html

Untuk mengubah ownership dari file coba.txt kamu harus menggunakan perintah chown. Dimana format perintah ini secara umum adalah :

chown nama pemilik file baru nama file
untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai perintah ini kamu dapat melihat manual page dari perintah chmod, dengan cara mengetikkan perintah man chmod pada terminal. Untuk menggunakan perintah ini kamu harus memiliki hak sebagai root. Pada posting ini saya mengubah ownership file coba.txt dari indrabt menjadi meme. Kamu dapat menggunakan perintah sudo chown meme coba.txt atau kamu dapat mengetikkan perintah su, dimana perintah ini akan meminta password root user kamu. Ketikkan password root user kamu, lalu ketikkan perintah chown meme coba.txt. Gambar dibawah ini menunjukkan cara kedua yang saya pakai.

contoh penggunaan chown 300x76 Mengubah permission, owner, dan group di Linux


3. Menggunakan perintah chgrp
Untuk mengubah group dari file coba.txt kamu harus menggunakan perintah chgrp. Dimana format perintah ini secara umum adalah :

chgrp nama group baru nama file
untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai perintah ini kamu dapat melihat manual page dari perintah chgrp, dengan cara mengetikkan perintah man chgrp pada terminal. Sama dengan perintah chmod, untuk menggunakan perintah ini kamu harus memiliki hak sebagai root. Pada posting ini saya mengubah group file coba.txt dari indrabt menjadi meme. Kamu dapat menggunakan perintah sudo chgrp meme coba.txt atau kamu dapat mengetikkan perintah su, dimana perintah ini akan meminta password root user kamu. Ketikkan password root user kamu, lalu ketikkan perintah chgrp meme coba.txt. Gambar dibawah ini menunjukkan cara kedua yang saya pakai.

contoh penggunaan chgrp 300x79 Mengubah permission, owner, dan group di Linux

4. Perintah chattr
Seringkali secara tidak sengaja kita menghapus atau mengedit sebuah file penting, di dalam Linux tidak ada fasilitas undelete, jadi file yang telah terhapus tidak dapat dikembalikan lagi.

Perintah (program) chattr digunakan untuk melindungi sebuah file sehingga tidak akan dapat dihapus ataupun dirubah dengan perintah apapun. Perintah chattr memberikan atribut i pada file yang dilindungi, perintahnya:

# chattr +i namafile

misal:

# chattr +i penting.txt

setelah perintah tersebut dijalankan, gunakan perintah ls l untuk melihat hasilnya:

jika suatu ketika file ini akan diedit atau dihapus, terlebih dahulu atribut diatas harus dilepas, untuk melepasnya gunakan perintah berikut:

# chattr i namafile