MDS-Note's blog yang menyediakan Info Terbaru dan Terheboh tanpa Bayar dan yang Penting Ikhlas.

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Dasar Listrik

Author Dicki Setyawan - -
Home » » Dasar Listrik

Tentang Listrik

1. Arus Listrik
==> mengalirnya Elektron secara terus menerus dan berkesinambungan pada Konduktor akibat perbedaan jumlah Elektron pada beberapa lokasi yang jumlah Elektronnya tidak sama. Satuan Arus Listrik adalah Ampere.
Gambar 1. Arah Arus Listrik dan Arah Getaran Listrik
Arus Listrik bergerak dari terminal Positif (+) ke terminal Negatif (-), sedangkan aliran Listrik dalam kawat logam terdiri dari aliran Elektron yang bergerak dari terminal Negatif (-) ke terminal Positif (+), arah Arus Listrik dianggap berlawanan dengan arah getaran Elektron. "1 Ampere Arus adalah mengalirnya Elektron sebanyak 628 x 10^16 atau sama dengan 1 Coulumb per detik melewati suatu penampang Konduktor".
Rumus Arus Listrik:
I = Q / t ( Ampere )
Keterangan:
I = Besarnya Arus Listrik yang mengalir (A)
Q = Besarnya Muatan Listrik (Coulumb)
t = Waktu (s)

2. Kuat Arus Listrik
==> Arus yang tergantung pada banyak sedikitnya Elektron bebas yang pindah melewati suatu penampang kawat dalam satuan waktu. Definisi: " Ampere adalah satuan Kuat Arus Listrik yang dapat memisahkan 1,118 Miligram perak dari nitrat perak murni dalam satuan detik ". 
Banyak yang bilang kalau Arus Listrik disebut juga Kuat Arus Listrik, maka Rumus dan Keterangannya sama dengan Arus Listrik. " Muatan Listrik memiliki muatan Positif dan Negatif. Muatan Positif oleh Proton, dan Negatif oleh Elektron. Satuan muatan " Coulumb (C), muatan Proton +1,6 x 10-19C, sedangkan muatan Elektron -1,6 x 10-19C. Muatan yang bertanda sama Saling tolak menolak, sedangkan bertanda berbeda Saling tarik menarik.

3. Rapat Arus
==> Besarnya Arus Listrik tiap - tiap mm² luas penampang kawat.
Gambar 2. Rapat Arus


Arus Listrik mengalir dalam kawat penghantar secara merata menurut luas penampangnya. Arus Listrik 12A mengalir dalam kawat berpenampang 4 mm², maka kerapatan Arusnya 3A/mm² ( 12A/1,5 mm² ).

Kerapatan Arus berpengaruh pada kenaikan Temperatur. Suhu penghantar dipertahankan sekitar 300°C, di mana kemampuan hantar Arus kabel sudah ditetapkan dalam Tabel Kemampuan Hantar Arus (KHA).
Gambar 3. Kemampuan Hantar Arus (KHA) 
 Ingin Tau Lebih jelasnya Download ini !!